Selasa, 26 April 2016

MEMBUAT SIRUP MARKISA (homemade)

Buah Markisa,pasti semua tidak asing dengan nama buah yang satu ini,meski sebagian orang jarang melihat seperti apa buah markisa.hal ini karena buah markisa tidak banyak yang membudidayakan,karena rasa buahnya yang asam,tapi tidak sedikit juga bagi yang tau manfaat dari pada buah ini,mereka akan menanam sekedar buat hiasan dan peneduh,karena batang buah markisa yang menjalar bisa dimanfaatkan sebagai peneduh,selain itu bisa buat jus yang asam manis dan segar.
buah markisa banyak mengandung kalaium,vitamin c,dan zat lain yang bermanfaat sekali buat tubuh kita,salah satunya memperlancar pencernaan,bisa juga sebagai bahan diet bagi yang mengalami obesitas.
Umumnya cara makan buah ini adalah dibuat serbat,atau sari buah dan di campur dengan gula,karena rasa asamnya yang dominan jadi jarang yang memakan langsung dalam bentuk buah.
Markisa memiliki bau khas dan harum yang menjadi ciri khas buah ini,sehingga ada yang memanfaaatkan sebagai bahan baku sirup.nah cara membuat sirup buah ini sangat mudah dan berikut alat dan bahanya.

Bahan:
Buah markisa 1/2 kg
Gula pasir (yang putih) 1/2 kg
Rumput laut 100 g
Air 2 gls
Perisa secukupnya

Alat :
Pisau
Sendok
Blender
Penyaring

Cara membuat :
Cuci buah sampai bersih lalu belah dengan pisau jadi dua,kerok buah menggunakan sendok masukan ke dalam blender,blender bersama biji buah kemudian saring dan peras,sehingga didapat sari markisa.
Masak gula bersama air sampai gula larut,aduk rata lalu masukan rumput laut yang sudah di cincang halus (ini berfungsi sebagai pengental saja opsi tidak menggunakan juga tidak apa-apa)
Setelah kira-kira air berkurang bisa dimasukan sari markisa dan perisa markisa (perisa hanya untuk mempertajam aroma saja,bahan ini bisa di sekip)
Masak sampai kental ciri mengental adalah timbul buih banyak,kecilkan api agar tidak meluap aduk terus sampai kadar air tinggal sedikit,cirinya mengental setiap api di besarkan buih langsung naik dan bisa meluap jika tidak di aduk.sirup sudah jadi dan bisa di masukan botol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar