Selasa, 31 Mei 2016

NASTAR LEBARAN

Ramadhan telah tiba,mari kita menjalankan ibadah puasa dengan hati yang ikhlas,dan tingkatkan ketaqwaan kita pada Allah swt.semoga di hari kemenangan nanti kita bersih dari segala dosa,amin.
Saat ramadhan banyak orang yang mengisi waktu dengan kegiatan di dapur menjelang tajil sore atau dini hari untuk santap sahur.menghidangkan masakan kesukaan keluarga.apalagi menjelang hari raya idul fitri,aneka kudapan akan berjajar di meja menjadi moment tersendiri saat berkumpulnya keluarga sanak saudara saling bersilaturahmi.
Makanan yang identik sekali adalah kue kering,seperti nastar,kue kacang,kastangle,lidah kucing,dll
Nah berikut akan Qiut bagikan resep nastar yang setiap lebaran menjadi andalan usaha di workshops Zulfa cookies.langsung saja di simak.

Nastar selai nanas

Peralatan tempur
-oven
-loyang
-baskom
-kuas kecil
-pengocok telur manual
-spatula

Bahan :
-terigu (sgt biru) 500g
-mentega 400g
-gula halus 200g
-kuning telur 3btr
-room butter 50g
-susu bubuk 50g
-baking powder 2sdt
-vanilli 1bks

Cara membuat :
Ayak terigu bersama baking powder sisihkan.kocok kuning telur sampai berbusa,masukan gula halus,susu bubuk,vanilli,dan roombutter,aduk rata.masukan juga mentega aduk sebentar asal rata tidak sampai melembek.masukan terigu aduk rata hasil adonan tidak lembek dan tidak pera (kering) tapi bisa di padatkan dan tidak pecah ini untuk adonan yang bagus.

Jika lembek hasil kue akan menurun,tidak seperti bentuk awal.Jika terlalu kering hasilnya akan pecah.

Saat pembentukan kuepun tidak boleh terlalu lama di tangan hal ini akan membuat mentega meleleh karena panas dari tangan.bentuk kue sesuai selera beri isian bisa DCC,selai dll.resep selai akan di sertakan setelah ini.

Setelah di bentuk dan diberi isian tata rapi di atas loyang yang sudah di olesi mentega.setelah loyang penuh berikutnya dioles kuning telur supaya terlihat mengkilap,cantik,dan menarik.panggang dalam oven kurang lebih 45mnt  setiap 15 menit loyang di ubah posisi supaya matang merata.

Resep Selai nanas

Bahan :

-Nanas masak 2 buah

-gula pasir 50g

-cengkeh/daun 3butir

-kayu manis 1/2sdt

-mentega 1sdm

Cara buatnya :

Parut/blender nanas sampai jadi bubur.masak diatas wajan masukan juga cengkeh,kayu manis serbuk,mentega,masak sampai kadar air habis atau tinggal 3%.tandanya selai bisa di bentuk.

Bahan oles :

Kuning telur

Madu /susu uht

Cara membuat :

Kedua bahan di aduk sampai tercampur rata,siap untuk mengoles.

Demikian sedikit ulasan tentang nastar,semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar