Rabu, 01 Juni 2016

KUE KACANG

Kue kacang atau roti kacang,tidak hanya di saat lebaran. kue ini bisa di santap kapan saja,sebagai cemilan.karena rasanya memang sangat nikmat di sandingkan dengan teh anget sambil nonton,atau santai di teras rumah.rasanya yang manis gurih dan kacangnya terasa disetiap gigitan membuat lidah bergoyang terus.yang jelas tidaklah cukup satu,karena rasanya jadi pingin lagi dan lagi.
Cara membuatnya juga mudah,dan berikut akan qiut ulas step by step pembuatanya.
Siapkan alat tempurnya,oven,mixer,loyang,dll.jangan lupa segelas teh hangat biar semangat.

Resep Kue Kacang zulfa cookies

-Terigu serba guna 500g
-Mentega 400g
-gula halus 200g
-kuning telur 3btr
-telur utuh 1btr
-kacang tanah 300g
-baking powder (DA)2sdt
-susu bubuk 100g
-vanilli 1bks
-perisa susu (opsi) 1sdt

Cara membuat :
Sangrai kacang tanah dinginkan lalu blender kasar.
Kocok kuning telur dan telur utuh sampai berbusa.masukan gula halus,susu bubuk,vanilli,perisa susu jika mau di skip juga tidak apa,aduk sampai rata jika pakai mixer kecepatan sedang.
Selanjutnya masukan mentega aduk dengan spatula jangan pakai mixer asal rata saja dan masukan juga kacang .masukan terigu dan baking powder ke dalam adonan kacang sambil di ayak,atau bisa di ayak lebih dulu supaya lebih lembut.aduk rata dan hasil adonan yang bagus teksturnya,tidak kering dan tidak terlalu lembek.cirinya bisa di bentuk dan tidak pecah.

Setelah adonan jadi siap di bentuk atau bisa menggunakan cetakan.pipihkan adonan lalu cetak dan simpan pada loyang yang sudah di oles margarine atau minyak.lakukan sampai adonan habis lalu pulas atasnya dengan campuran kuning telur dan sedikit madu agar mengkilat.

Panggang dalam oven selama 45mnt,dan setiap 15mnt putar posisi loyang agar matang merata.

Untuk tipsnya qiut sertakan biar hasilnya renyah dan lumer di mulut.

-Pada terigu sebelum di gunakan bisa di oven dulu untuk mengurangi kadar air pada tepung.

-gunakan telur yang baru,cirinya putih telur masih kental dan warna kuning cerah.jangan mengurangi komposisi telur pada resep menambah lebih bagus. 

-gunakan baking powder yang DOUBLE ACTING hasilnya lebih mengembang.sebab proses pengembangan 2 kali yaitu saat adonan di buat dan saat di oven.

-gunakan kuning telur saja,sebab putih telur akan membuat hasil kaku di luar atau keras.biasanya cuma di fungsikan sebagai penguat tekstur.

-lebih bagus di oven 2kali,hasilnya lebih kering.seperti halnya proses membuat bagelen roti.

Tricknya juga akan qiut sertakan

-Untuk tepung terigu lebih bagus menggunakan terigu biasa karena kandungan proteinya rendah dan memang terigu biasa untuk membuat kue kering dan gorengan.atau bisa di padukan tepung biasa dan yang serbaguna 2:1.

-proses oven,panaskan oven 10mnt sebelum digunakan untuk memanggang.sebab proses awal pemanggangan butuh panas yang tinggi selama kurang lebih 10mnt diawal.

-untuk hasil yang maksimal jika yang digunakan adalah oven kompor,setelah 10mnt awal panggang putar atau rubah posisi loyang.

Jalan bisnisnya

Jenis kue ini selain bisa di jual per stoples dengan berat 500g,bisa juga di jual ecer 500/1000 rupiah.

Gunakan cetakan yang agak besar diameter 6cm,kemas dengan plastik biasa setiap kue,dan paking setiap 10 kue.kalkulasi harga bisa di hitung setelah pembuatan.

Nah sista demikian ulasan sedikit tentang kue kacang,semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung,di home edhy qiut blog's.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar