Selasa, 14 Juni 2016

MERAWAT BUAH HATI

Anak atau buah hati,kesayangan,adalah sebuah anugrah dan amanah dari Allah swt untuk kita rawat sejak terbuahi dalam rahim seorang ibu.dan sejak terdeteksi di awal kehamilan 1 sampai 2mgg disitulah kita harus merawat calon buah hati kita.dari mulai memberi nutrisi dan makanan bergizi bagi ibu hamil sangat disarankan.
Bahkan imunisasi yang sangat penting bagi ibu dan calon bayinya sebaiknya dilakukan juga supaya bayi sehat dan terhindar dari penyakit.
Seorang calon ibu akan merawat masa kehamilan dengan penuh suka cita sebab pahala akan terus mengalir selama mengandung,sampai nanti melahirkan terhitung jihad dijalan Allah,setiap darah tertumpah akan menghapus dosa seorang ibu.maka bagi calon ibu akan mempersiapkan segalanya.kondisi fisik yang fit sudah di persiapkan dan segala kebutuhan untuk buah hatinya.
Rekomendasi bisnis entery data untuk anda
Perlengkapan sebelum kelahiran sudah harus disiapkan dan proses kelahiranyapun sudah harus di rencanakan,biasanya bidan atau dokter sudah memberi rekomendasi persalinan jauh sebelum HPLnya.
Mau dibantu persalinan oleh bidan atau dokter dirumah sakit.dan perlengkapan persalinan apa yang harus disiapkan.
Berikut perlengkapan persalinan yang harus dibawa
-baju bayi dan popok 6 stell
-gurita bayi 6 pcs
-gurita ibu 1pcs
-Pernell 6pcs
-selendang (bedong) 6pcs
-topi bayi 2pcs
-kaos kaki+tangan 4set
-selimut (jarit) 4pcs
-celana dalam wnt 6pcs
-pembalut wnt 8pcs
-stagen 1pcs
Untuk gurita bayi cuma persiapan saja,sebab dokter tidak menyarankan bayi lahir di gurita bisa mengganggu pernafasan.
Persiapan dini akan lebih baik supaya saat HPL tidak repot sana sini.

Perawatan Buah Hati

Bila persalinan tiba,seorang calon ibu akan gelisah,apalagi jika yang lahir anak pertama.ada rasa khawatir was was,yang sebenarnya itu tidak perlu terjadi,makanya perlu kesiapan mental sebelum HPL,disini peran keluarga sangat membantu khususnya suami,dimana calon ibu akan merasa nyaman bila ada keluarga khususnya suami yang mendampingi proses kelahiran buah hati.dan yang terpenting adalah berserah diri pada Allah, berdo'a supaya dimudahkan segala urusan dan hati teruslah berdzikir.

Tanda Buah hati lahir Sehat

Dalam proses melahirkan ibu disarankan tidak terlalu banyak menggunakan obat kimiawi,dikhawatirkan akan terbawa ASI yang nanti saat proses inisiasi menyusui dini (IMD) Meski seorang ibu tidak bisa langsung melihat saat buah hatinya lahir,dari suara tangisan anda bisa mengenali kondisi buah hati anda dan berikut tanda dalam kondisi sehat

-Bayi lahir segera menangis
-Seluruh tubuh kemerahan
-Bayi bergerak Aktif
-Bayi dapat menyusu dengan kuat
-Berat saat lahir antara 2500-4000 gram.

Dapatkan uang dari facebook Mauu...!!

Setelah bayi lahir maka bidan atau perawat akan membersihkan bayi seperlunya dan memotong tali pusat.
Kemudian ibu akan bisa memeluk buah hatinya karena setelah dibersihkan bayi akan ditengkurapka didada ibu,dengan kondisi kulit bayi melekat pada kulit ibu.supaya tidak kedinginan bayi bisa dipakaikan topi dan diselimuti bersama ibu.selama di tengkurapkan didada ibu bayi akan mencari sendiri puting susu ibunya,jadi biarkan mencari sendiri karena pada dasarnya bayi memiliki Naluri yang kuat untuk mencari puting susu.
Saat itulah anda bisa mengenali perilaku buah hati anda sebelum menyusu.setelah kurang lebih 60 menit,proses IMD kemudian bayi akan dipisah sesaat dari ibunya untuk ditimbang,diukur,dicap,diberi vitamin K dan tetes mata.kemudian bayi akan dikembalikan didekat ibu untuk dirawat bersama.disaat inilah anda bisa menyusui setiap saat bayi ingin menyusu dan sekaligus menguatkan ikatan Batin antara ibu dan buah hatinya.
Inisiasi Menyusui Dini memiliki keuntungan tersendiri bagi ibu dan bayinya.
• Keuntungan kontak kulit untuk bayi
a. Mengoptimalkan keadaan Hormonal ibu dan bayinya.
b. Kontak memastikan perilaku optimum menyusu berdasar insting bisa diperkirakan.
- Menstabilkan pernafasan
- Mengendalikan temperatur tubuh bayi
- Memperbaiki pola tidur bayi yang lebih baik lagi.
- Meningkatkan hubungan ibu dan bayi

Mauu kerja online dimana saja dan cuma pakai Android...? Lanjut DISINI

Keuntungan kontak kulit untuk ibu
a. Merangsang produksi Oksitosin dan Prolaksin ibu karena oksitosin membantu meminimalkan perdarahan pasca persalinan dan merangsang pengeluaran Kolostrom asi pertama yang keluar dari puting susu.
Ibu merasa lebih tenang dan tidak merasa nyeri.
Prolaktin sendiri dapat meningkatkan produksi ASI,membantu mengatasi stres dan merasa relaksasi setelah menyusui serta menunda ovulasi.

Keuntungan IMD untuk bayi
a. Menigkatkan imunitas pada tubuh bayi
b. Meningkatkan kecerdasan
c. Mencegah kehilangan nafas
d. Merangsang kolostrom cepat keluar
e. Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu dan bayi

Keuntungan IMD untuk IBU
a. Merangsang produksi oksitosin dan prolaktin.
b. Meningkatkan keberhasilan produksi ASI
c. Meningkatkan jalinan kasih dan sayang.

Berikan ASI esklusif
Menyusui esklusif berarti ibu Hanya memberikan ASI saja pada bayi dan Tidak memberikan makanan atau minuman termasuk air putih,kecuali obat obatan,vitamin dan mineral tetesan dalam jangka waktu 6 bulan sejak kelahiran bayi.
Loh nanti lemes..? Kalau jaman dulu iya bayi umur 3 bulan sudah diberi makan nasi dan pisang lumat,sebelum disuapkan dicelup air gelas disebabkan belum ada sosialisasi asi esklusif,dan justru itu akan membahayakan pencernaan bayi.
Karena pencernaan bayi masih lemah.
Pemberian Vitamin K1 injeksi pada bayi baru lahir.bertujuan.
- mencegah pendarahan akibat kekurangan vit K1.
- ciri gejala perdarahan,pucat,dan pembesaran hati ringan.perdarahan dapat terjadi akibat trauma,pada saat persalinan biasanya dikulit,mata,hidung,dan saluran cerna.
-dapat juga terjadi komplikasi pendarahan dalam otak bayi ditandai dengan menangis terus,muntah,ubun ubun menonjol,pucat hingga kejang.

Tanda Bahaya bayi baru lahir

- adanya kejang dengan atau tanpa,kesadaran menurun,menangis tiba tiba,ada gerakan tak terkendali didaerah mulut,mata,atau anggota gerak,mulut mecucu,kaku seluruh tubuh dengan tanpa rangsangan.
-adanya gangguan pernafasan
-penurunan suhu tubuh kurang dari 36 °c.
-adanya infeksi bau busuk,nanah
-bayi kuning pada hari pertama setelah lahir.
-adanya ganggun saluran cerna
- Diare
jika ada gejala tersebut segera bawa ke dokter JANGAN menunggu besok sebab kondisi bayi bisa sangat cepat menurun.

MITOS dan FAKTA

Mitos : saat hamil jangan makan buah yang menggantung,mundak ari arine pindah posisi atau saat kelahiran rahim jadi ikut turun dan keluar,laahh ngeri tanan nek ngono,tah itu orang tua dulu jaman,oncor,jaman kuna,jaman belum ada listerik,jaman londo.jamane wong jowo nemen,begitu itu ga boleh dan pantangan.
Fakta : buah buahan adalah sumber vitamin dan serat bagi ibu hamil agar tidak sembelit.

Mitos : setelah melahirkan ibu tidak boleh makan ikan nanti gatal atau darahnya amis.
Fakta : darah yang keluar memang berbau amis,normalnya gitu.
Jika berbau busuk mungkin ada infeksi malah bahaya toh.

Mitos : Jangan Minum Es saat hamil,nanti bayinya kegedean dan susah lahir.
Fakta : Air Es tidak membuat janin jadi besar,tapi kandungan gula pada es yang membuat bayi besar dalam kandungan.

Nah itu sedikit mitos,dan masih banyak mitos lainya yang masih dipercaya orang pada jaman dolo,laen dolo lain sekarang,sekarang udah modern.jadi orang sudah acuh dengan hal begitu.
Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat qiut smua,sebenernya masih banyak yang mau ditulis soal buah hati tanganya dah pegel,dari pada jadi keriting mending dibuat episod yo,
Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar